loading...

HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN MP-ASI DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI USIA 0-6 BULAN (STUDI DI DESA GEMARANG KECAMATAN GEMARANG KABUPATEN MADIUN) Relationship Between The Granting Mp-ASI With Inciden Diarrhea In 0-6 Months Old Baby (Studies in Gemarang Village Gemarang Sub district Madiun District)

ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN MP-ASI DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI USIA 0-6 BULAN
(Studi di Desa Gemarang Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun)
Oleh : Febriana Wulan K
Pembimbing: Dr. Suparyanto, M.Kes; Lilis Suryawati, S.Si.T
Diare  pada balita dapat disebabkan oleh berbagai sebab baik kelainan susu maupun makanan yang kurang cocok komposisinya. Berat ringannya diare ditentukan oleh beberapa faktor antara lain umur balita dan tingkat status gizi balita, makin muda usia balita yang terkena diare maka makin parah akibatnya, balita yang diare di bawah umur 1 tahun mempunyai resiko yang paling besar jika diberi makanan pendamping ASI.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemberian MP-ASI pada bayi, mengidentifikasi kejadian diare pada bayi, dan menganalisis hubungan antara pemberian MP-ASI dengan kejadian diare pada bayi usia 0-6 bulan di Desa Gemarang Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun tahun 2009.
Jenis penelitian ini adalah analitik – cross sectional. Populasi diambil dari semua ibu yang mempunyai bayi usia 0 – 6 bulan di Desa Gemarang Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun sebanyak 28 orang, dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dengan penggunaan uji statistik chi-square dengan tingkat kemaknaan 0,05. Berdasarkan hasil uji chi-square dengan SPSS didapatkan bahwa ρ hitung lebih kecil dari ρ tabel yaitu 0,031 < 0,05, artinya ada hubungan antara pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dengan kejadian diare pada bayi usia 0-6 bulan.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah sebagian besar ibu memberikan MP-ASI, sebagian besar bayi mengalami diare dan ada hubungan antara pemberian MP-ASI dengan kejadian diare pada bayi usia 0-6 bulan di Desa Gemarang Kecamatan Kabupaten Madiun.
Diharapkan bidan lebih meningkatkan penyuluhan tentang dampak dari pemberian MP-ASI dini, alasan pemberian MP-ASI lebih dari 6 bulan, pengertian dan waktu pemberian.
Kata Kunci :  MP-ASI, Diare

HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN MP-ASI DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI USIA 0-6 BULAN (STUDI DI DESA GEMARANG KECAMATAN GEMARANG KABUPATEN MADIUN) Relationship Between The Granting Mp-ASI With Inciden Diarrhea In 0-6 Months Old Baby (Studies in Gemarang Village Gemarang Sub district Madiun District) | caralengkap | 4.5
loading...