10 Alasan Mengapa UI Penting dalam Desain Web?

tips desain

CaraLengkap.com - Ketika desainer web berbicara tentang font, tata letak, warna, dan kontras yang tepat, mereka sebenarnya bermaksud menjelaskan bagaimana Antarmuka Pengguna situs web akan mendefinisikan keberhasilannya dalam bisnis. 

Konten, desain, dan fungsionalitas semuanya merupakan bagian dari konsep yang sama.

Untuk memasukkannya ke dalam kalimat, UI adalah satu-satunya faktor terpenting yang memutuskan apakah situs web Anda mampu membawa lalu lintas dan konversi yang relevan. Ini juga menciptakan ruang untuk retensi pelanggan dan loyalitas merek dalam jangka panjang.

Sebelum lanjut ke pembahasan inti, alangka lebih baiknya Anda tau apa pengertian dari UI itu sendiri?

Apa itu User Interface (UI)?

Menurut Wikipedia, User Interface atau disingkat UI merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). User Interface berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.

Kalau diartikan dalam Bahasa , User Interface (UI) adalah antarmuka pengguna.

Antarmuka pengguna, dalam bidang desain industri interaksi manusia-mesin, adalah sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi. Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional. 

Contoh-contoh dari konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk aspek-aspek interaktif dari sistem operasi komputer, alat-alat, kontrol operator mesin berat, dan kontrol proses. Pertimbangan desain berlaku ketika membuat antarmuka pengguna yang berkaitan atau melibatkan disiplin-disiplin ilmu seperti ergonomi dan psikologi.

Merancang UI yang sempurna melibatkan mempelajari perilaku pelanggan Anda dengan cermat dan memetakan perjalanan mereka langsung dari halaman arahan ke pilihan tindakan Anda. Ini bisa menjadi apa saja mulai dari mendaftar untuk daftar email, mengunduh brosur, hingga melakukan penjualan.

Mari kita lihat beberapa alasan mengapa UI sangat penting dalam dunia desain web.

1. Presentasi Penting

Perbedaan antara potongan rambut mewah dan yang didiskon adalah pengalaman yang mereka tawarkan dalam hal pengemasan dan layanan. Desain web, dengan cara yang sama, harus mudah dinavigasi dan estetika untuk dilihat. UI mengakumulasi sumber daya untuk berbicara dengan pelanggan di tingkat mereka, membuat mereka nyaman dan prima untuk konversi.

2. Aturan Konten Diam (Desain Bersama)

Alat pemasaran yang paling kuat adalah konten. Ini menciptakan saluran komunikasi yang efektif yang membahas kebutuhan pengguna dan memberikan solusi tepat waktu dalam bentuk informasi, pendidikan, hiburan atau promosi. Namun demikian, konten tidak pernah bisa benar-benar bersinar jika ditulis dengan cara yang lusuh dan tidak terbaca. Antarmuka pengguna berfungsi sebagai latar belakang untuk mengirimkan konten yang menyenangkan audiens pada tingkat holistik.

3. Hal yang benar. Waktu yang tepat. Tempat yang tepat.

Navigasi situs web adalah hasil langsung dari antarmuka pengguna yang dioptimalkan. Ini pada dasarnya memungkinkan pengunjung untuk menemukan elemen yang mereka cari tanpa berkeliaran di seluruh ruang digital. UI langsung dan langsung memberi pengguna lebih banyak alasan untuk tetap berada di situs web dan menghabiskan waktu berharga mereka menjelajahi penawarannya. Dengan seperangkat isyarat navigasi yang tepat, Anda dapat mengarahkan konsumen ke tombol, formulir, atau grafik yang tepat.

4. Melengkapi Pengalaman Pengguna

Suka atau tidak, pengalaman pengguna dan antarmuka pengguna terkait erat seperti dua atom. Sementara UX memperoleh fungsinya dari ketersediaan, kegunaan dan aksesibilitas, UI menemukan cara untuk mendukungnya melalui konten dan desain. Seperti yang dikatakan banyak orang, antarmuka pengguna membentuk fondasi tempat UX dapat dibangun. Di sisi lain, UI yang tidak terkoordinasi dapat dengan mudah menyebabkan gangguan yang signifikan dalam perjalanan pelanggan, sehingga membuat rasio pantulan astronomi.

5. Mengklarifikasi Visi Merek (Brand)

Branding tidak hanya menempatkan pada logo Anda pada berbagai barang dagangan. Di dunia digital, branding adalah jumlah kumulatif dari semua yang Anda lakukan di internet. Ini termasuk antarmuka pengguna situs web Anda. Ini bekerja sejalan dengan perilaku dan preferensi konsumen yang ideal, lebih lanjut menjelaskan apa yang diwakili merek. UI yang dirancang dengan baik dapat menjadi faktor diferensial antara menjadi bisnis lain untuk menjadi bisnis di pasar saat ini.

6. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Karena UI dan UX bekerja secara sinkron, kepuasan pelanggan memang menjadi basis pengaturan antarmuka juga. Ini menyempurnakan perjalanan mereka untuk melebihi harapan mereka di setiap lini. Selain itu, dengan situs web yang mudah digunakan, pelanggan sering terlihat kembali untuk lebih banyak dan mengadvokasi manfaatnya kepada orang lain. Kuncinya di sini adalah memadukan estetika dengan fungsionalitas untuk meminjamkan pengalaman lengkap.

7. Menonjolkan Upaya SEO

Seperti yang Anda ketahui, UI adalah faktor yang berkontribusi terhadap SEO dalam bentuk waktu tinggal yang lebih tinggi, keterlibatan pengguna, dan tingkat konversi. UI yang hebat pada dasarnya menyampaikan kepada mesin pencari bahwa situs web layak dikunjungi dan menyimpan semua informasi yang diperlukan untuk kata kunci yang relevan. Desain visual yang indah, ditambah dengan konten yang dapat dibaca, membawa pengguna, menelurkan algoritma mesin pencari untuk memberi peringkat Anda lebih tinggi di halaman mereka.

8. Peningkatan Konversi

Terutama, satu-satunya tujuan membuat situs web adalah untuk meraup penjualan dan pendapatan. Konversi pelanggan adalah metrik yang memutuskan seberapa baik kinerja ruang digital Anda dalam hal keuangan. UI yang dirancang dengan baik menciptakan pengenalan merek dan pemanggilan kembali dengan menciptakan kesan besar di pikiran pengguna. Ini diterjemahkan ke retensi yang lebih tinggi, rentang perhatian dan akhirnya konversi menghasilkan keuntungan. Di dunia di mana pengguna memiliki banyak pilihan, UI membantu mereka memilih yang paling bermanfaat bagi Anda.

9. Menggabungkan Semua Aspek Desain

Desain situs web adalah konsekuensi dari desain visual, desain interaktif, dan arsitektur informasi. Antarmuka pengguna memuncak semua aspek ini dengan cara yang canggih dan seimbang untuk memberikan apa yang mungkin Anda temukan sebagai wajah situs web. Meningkatkan UX dan merampingkan proses membantu pengembang dan pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan untuk pengalaman hebat.

10. Mengantisipasi Ekspektasi Pelanggan

Website UI didasarkan pada gagasan untuk memberikan format yang berorientasi pada pengguna dengan segala caranya. Ini mengharuskan pengembang dan desainer untuk menyelam jauh ke dalam proses pemikiran konsumen akhir, memberikan pengakuan atas harapan mereka. Dengan demikian, semua fitur, formulir, dan fungsi diberlakukan untuk menyelaraskan dengan wawasan penelitian, menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi pelanggan.

Kesimpulan

Ada tiga elemen untuk desain situs web yang lengkap - UI yang hebat, UX yang bermakna dan umpan balik pelanggan yang dipahat. Meskipun yang ketiga tidak terlalu sering dibahas, itu memang faktor vital yang memutuskan kesuksesan atau kegagalan bisnis digital Anda.

Setelah menerapkan desain UI dan UX Anda, jangan lupa untuk melakukan pengujian A / B di halaman Anda untuk memahami seberapa baik konsumen akhir Anda bereaksi terhadap proposisi Anda. Tentang UI, hingga saat Anda menambahkan fitur yang berorientasi pada pengguna dan membantu menyempurnakan perjalanan pelanggan di seluruh situs web, Anda akan siap melakukannya. Hanya ingat untuk memikirkan konsep sebagai bagian dari teka-teki keseluruhan

Artikel Bermanfaat Lainnya