7 Cara Gratis Mendapatkan Backlink Untuk Blog

 

SEO

CARALENGKAP.COM - 7 Cara Gratis Mendapatkan Backlink Untuk Blog. Buat kamu yang baru memulai blog atau website, istilah backlink mungkin belum familiar. Apa perbedaan antara backlink dan jenis link lainnya? 

Mengapa istilah "backlink" sering muncul dalam pembahasan SEO (search engine optimization)? Mengapa kamu harus memahami backlink dan menerapkannya ke website atau blog Kamu? Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi? 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mendapatkan backlink secara gratis

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah link yang diposting di blog / website yang mengarah ke halaman blog / website kamu. Kegiatan membangun backlink disebut juga pembentukan tautan. Ada juga istilah external link dan inbound link. Oleh karena itu, ada penyedia backlink dan penerima backlink. Saat Kamu menempatkan tautan ke situs web atau blog orang lain di situs web Kamu, Kamu adalah tautan balik. Penerima backlink adalah situs web yang memperoleh link dari backlink.

Sangat sederhana, bukan? Sekalipun terkesan sederhana, backlink berperan penting dalam kesuksesan website atau blog Kamu.

Daftar Isi

    Inilah Cara Mendapatkan Backlink Secara Gratis Untuk Blog

    Buat konten berkualitas

    Cara paling penting untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi, dan hal pertama yang harus diperhatikan adalah membuat konten yang bernilai dan berkualitas tinggi. Ini dapat lebih mencerminkan merek Kamu secara keseluruhan.

    Jika kualitas halaman di situs web Kamu rendah dan tidak ada informasi berharga, situs web lain tidak akan menganggap Kamu sebagai merek otoritatif yang layak ditautkan ke situs web mereka.

    Guest Post (Posting Tamu)

    Posting tamu atau blog tamu adalah praktik membuat konten gratis ke situs web atau blog lain dengan imbalan tautan ke situs web Kamu. Tautan dapat ditempatkan di resume penulis atau digunakan untuk referensi informasi di konten.

    Cara ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi yang populer karena keduanya menguntungkan kedua belah pihak.

    Untuk menerapkan metode ini, pertama-tama tentukan situs web yang sesuai dengan ceruk pasar Kamu. Selain mengedit situs, Kamu juga bisa mencari opsi lain dengan melihat blog tamu yang disediakan kompetitor.

    Coba buka Google dan masukkan kata "blog" di akhir ceruk pasar Kamu. Di sini, klik dan tentukan blog mana yang sesuai, dan Kamu ingin menjadi media blogging tamu untuk mendapatkan backlink ke website Kamu.

    Konten Pencakar Langit/Skyscrapper Content

    Bangun konten pencakar langit dengan mencari konten yang sudah bagus dan menjadikannya lebih baik. Konsep ini dikemukakan oleh Brian Dean dari Backlinko, dan dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi yang dapat dipertimbangkan.

    Untuk membuat konten pilar, pertama-tama temukan konten di industri Kamu yang berperforma baik dalam hal tautan. Kamu dapat melakukan ini dengan mengetikkan kata kunci dan kemudian melihat hasilnya di beranda, pencarian untuk melakukan pencarian Google sederhana.

    Selanjutnya, buat konten lima hingga sepuluh kali lebih baik dari yang Kamu temukan. Misalnya, jika banyak situs di beranda mesin pencari hanya membahas 5 alat SEO, Kamu dapat membuat konten yang menjelaskan semua alat SEO yang tersedia. Atau buat konten untuk menjelaskan apa yang tidak sepenuhnya dijelaskan dalam artikel ini.

    Buat Konten yang Terbukti Menghasilkan Backlink

    Buat konten berkualitas tinggi menggunakan format yang telah terbukti menghasilkan lebih banyak backlink berkualitas tinggi. Ada beberapa jenis format konten yang terbukti, dan cenderung berkinerja lebih baik saat memperoleh banyak backlink.

    Beberapa format konten meliputi: katalog, kuis, infografis, video, tips atau konten "bagaimana", dan konten dalam beberapa bentuk penjelasan atau konten "mengapa".

    Buat Konten Tentang Panduan Utama

    Cara lain untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi adalah dengan membuat konten dalam bentuk panduan utama. Konten semacam itu seringkali panjang dan komprehensif. Penelitian menunjukkan bahwa konten bentuk panjang berkinerja lebih baik di Google daripada artikel bentuk pendek.

    Selain itu, format konten panduan biasanya menjadi sumber tema yang digunakan orang saat menulis topik di blognya.

    Untuk membuat konten dalam bentuk panduan utama, pilih topik populer yang belum sepenuhnya dibahas. Kemudian, buat garis besar topik dengan menulis daftar subtopik agar topik Kamu lebih lengkap dan luas. Terakhir tulis isinya.

    Gunakan Content Sharing Platform

    Kebanyakan orang membagikan artikel atau konten terbaru mereka di media sosial. Harus dilakukan. Namun, selain berbagi konten di media sosial, Kamu juga perlu membagikan konten di platform berbagi konten.

    Platform berbagi konten seperti Medium, Kompasiana, Hipwee, VIVA Blog, Kaskus, Reddit, dan SlideShare dapat digunakan untuk menempatkan tautan di situs web atau blog Kamu. Kamu bisa menulis artikel baru yang masih berhubungan dengan topik yang sedang Kamu diskusikan, lalu menempatkan link ke artikel yang diinginkan. 

    Dengan cara ini, Kamu bisa mendapatkan backlink dari platform berbagi konten. Walaupun linknya nofollow, cara ini tetap cocok untuk mempromosikan konten blog atau website.

    Ubah Penyebutan Merek/Brand Menjadi Backlink Berkualitas Tinggi

    Jika seseorang menyebut Kamu dalam posting konten mereka tetapi tidak memberikan tautan ke situs web Kamu, ini adalah penyebutan merek yang tidak tertaut. Gunakan itu untuk memberi Kamu kesempatan mendapatkan backlink berkualitas tinggi.

    Kirimkan email kepada kami dan ucapkan terima kasih karena telah menyebutkan nama merek Kamu di postingan mereka. Kemudian, beri mereka saran agar mereka dapat memposting link ke situs Kamu. Dengan cara ini, pembaca mereka dapat dengan mudah menemukan postingan yang meragukan di situs Kamu.

    Artikel Bermanfaat Lainnya