Cara Lengkap Mendapatkan Youtube API Key

Cara Mendapatkan Youtube API Key dengan Mudah

Caralengkap.com - Youtube menyediakan sebuah API untuk para developer supaya bisa dengan mudah mendapatkan segala informasi pada Youtube dengan mudah termasuk melakukan autentikasi pengguna kedalam akun Youtube dan mengelola video yang diunggah. Banyak kegunaan yang bisa dilakukan dengan sebuah API yang disediakan oleh Youtube. Seperti jika pengguna ingin cara mudah untuk mencari video pada Youtube dan membuatnya sebagai artikel, tentu itu memerlukan sebuah API.

Masalahnya bukan dari cara menggunakan API nya, namun adalah cara untuk mendapatkan kunci atau API Key yang dibutuhkan sebagai akses utama untuk dapat memakai sebuah API Youtube. Saat ini pun Youtube telah menerapkan API versi 3 yang jauh lebih sempurna dibanding sebelumnya, tapi untuk API Key ternyata juga memiliki batasan tersendiri dan tidak bisa dibilang unlimited. Tapi tidak perlu khawatir karena batasannnya cukup tinggi sehingga tidak akan cepat terbatas dalam waktu dekat.

Apa sih API Key itu?

API (Application Programming Interface) adalah suatu metode yang berguna untuk menghubungkan sehingga dapat berkomunikasi antar aplikasi atau website. Dengan menggunakan API, kalian bukan hanya dapat menghubungkan atau berkomunikasi antar aplikasi atau website saja, tetapi dapat juga menggunakan sumber daya atau data yang ada tanpa perlu mengetahui bagaimana aplikasi atau website tersebut dibuat.

Kegunaan API Key?

  1. Sebagai alat pemantau subscriber sebuah channel youtube
  2. Menampilkan informasi yang berkaitan dengan channel youtube pada aplikasi lain
  3. Untuk mendapatkan embed seluruh video yang ada pada youtube
  4. Melakukan autentikasi pengguna ke dalam akun Youtube
  5. Mengelola video yang diunggah

Untuk penggunaan API tergolong cukup mudah, namuan untuk mendapatan kunci atau API Key yang dibutuhkan sebagai akses utama untuk dapat memakai sebuah API Youtube cukup menjadi masalah. Saat ini Youtube telah menerapkan API yang jauh lebih sempurna dibanding sebelumnya, tapi untuk API Key juga memiliki batasan tersendiri, dan tidak bisa dibilang unlimited.

Sebelumnya, API Key ini tidak dibutuhkan bagi para pemilik channel youtube untuk mendapatkan informasi baik itu mencari atau hanya ingin mendapatka sesuatu didalamnya, tapi saat ini harus menggunakan API Key dan terbilang wajib.

Cara Lengkap Mendapatkan dengan Mudah

 

 

  1. Go to https://developers.google.com and login or create an account, if necessary.
  2. Go to https://console.developers.google.com/project and click on Create Project:file TV1UBRir9z - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!
  3. You'll be redirected to this screen where you need to fill in the project information and click Create:file pMXGIcWdAz - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!
  4. After creating your project, please go to Google API library https://console.cloud.google.com/apis/library, select your project, then find YouTube Data API v3 in the list and click on it:file VduVlPnseK - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!
  5. Click Enable:file DVP7pbut5E - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!
  6. Click Create Credentials:file Eh548dz11P - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!
  7. Fill in the fields and click Next:file CBaiz7dju5 - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!

Congratulations! You've got your YouTube API key!file VhOflHHPrO - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!

Artikel Bermanfaat Lainnya