Cara Lengkap Menggunakan XAMPP di Windows

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan XAMPP di Windows

Cara Lengkap Menggunakan XAMPP adalah solusi bagi Anda yang ingin menjalankan web server dan database di localhost komputer.

Itu artinya kalau Anda sudah punya website online, XAMPP membantu Anda membuat versi offline dari website. Semisal Anda sedang mengutak-atik website dan ternyata error, Anda tak perlu khawatir error tersebut muncul di website online.

XAMPP merupakan sebuah software atau aplikasi yang sebenarnya sudah cukup populer bagi kalangan developer dan pengembang website. XAMPP sudah sering digunakan terutama oleh para penggiat IT untuk memenuhi kebutuhan building websitenya. Bagi para developer website, pasti telah banyak memahami bahwa XAMPP ini bisa digunakan untuk menghemat budget untuk kebutuhan web hosting, karena XAMPP mampu menyimpan file website ke dalam localhost atau hosting lokal. XAMPP sangat membantu dan dapat digunakan untuk membuat blog WordPress dengan self hosting.

Nah, di artikel kali ini kami akan menjelaskan pengertian XAMPP, berbagai komponen XAMPP, cara install XAMPP, dan cara menggunakan XAMPP untuk install website WordPress. Mari simak lebih lanjut.

Daftar Isi

    Pengertian XAMPP Lengkap dengan Cara Menggunakannya

    Pengertian XAMPP Lengkap dengan Cara Menggunakannya (Terbaru)

    Apa itu XAMPP ?

    XAMPP merupakan gabungan akronim kata Apache, MariaDB, PHP, dan Perl. Sedangkan penambahan huruf “X” di depan, melambangkan arti cross platform, yaitu bisa digunakan pada berbagai OS seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.Melihat dari filosofi namanya, XAMPP ini merupakan software open source atau gratis dan dapat dikembangkan oleh banyak kalangan, mampu mengolah, mengedit, dan menghapus daftar dari database, mendukung pembuatan dan pengembangan website dinamis berbasis CMS WordPress karena memuat bahasa pemrograman PHP, serta bahasa pemrograman Perl yang dapat dijalankan pada berbagai banyak sistem operasi, sangat fleksibel dan mudah digunakan.

    Fitur-Fitur XAMPP
    Ada beberapa fitur pada XAMPP yang biasanya digunakan, antara lain :

    1. HTDOCS
      HTDOCS merupakan tempat menyimpan file-file PHP dan HTML yang akan dijalankan. Ketika Anda menginstall XAMPP, maka folder HTDOCS ini juga akan otomatis terinstall. Nantinya ketika Anda mengakses alamat localhost pada browser, maka secara otomatis akan terpampang file-file yang tersimpan dalam HTDOCS ini.
    2. phpMyAdmin
      phpMyAdmin merupakan free software yang memiliki user interface grafis dan berfungsi memudahkan Anda dalam mengelola database MySQL melalui scripting language PHP. Jadi tidak perlu lagi bantuan terminal untuk mengelola database ini. Cara mengaksesnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengetikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin pada browser.
    3. Control panel
      Control panel pada XAMPP berfungsi untuk mengelola layanan / management tools pada XAMPP, misalnya perintah untuk memulai dan menghentikan layanan. Control panel memungkinkan user untuk mengelola dan memodifikasi pengaturan XAMPP melalui dashboard panel.

    Fungsi XAMPP

    Sesuai dengan namanya, XAMPP digunakan sebagai server lokal yang mampu menampung berbagai jenis data-data pada website yang sedang dikembangkan. XAMPP mampu bekerja secara offline seperti web hosting pada umumnya, namun tidak dapat sembarangan diakses oleh banyak orang. XAMPP biasanya digunakan sebagai prototipe sebuah website sebelum ditunjukkan ke orang lain atau sebelum di online kan menggunakan web hosting.

    Kelebihan XAMPP karena mampu bekerja secara offline adalah dapat digunakan untuk mencoba fitur-fitur dalam website, melihat kinerja apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan, mengevaluasi konten-konten yang akan dipasang pada website, dan lain sebagainya. Jadi dengan kata lain, XAMPP merupakan prototipe penampilan website offline tanpa harus terhubung dengan internet. XAMPP dapat berdiri sendiri / localhost.

    Seperti halnya web server lokal lainnya, ada banyak sekali fungsi dari XAMPP. Di sini kami akan menjelaskan beberapa kegunaannya yaitu:

    1. Setting Database phpMyAdmin

    Dengan menggunakan XAMPP Anda bisa mengakses halaman phpMyAdmin. Sama seperti saat Anda menggunakan hosting atau VPS pasti Anda akan membutuhkan phpMyAdmin untuk mengedit, menghapus, menambah database, dan menambahkan user.

    Di XAMPP Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Bedanya di XAMPP Anda tidak perlu khawatir terjadi error database karena semua perubahan yang dilakukan hanya pada server lokal komputer.

    Apabila Anda baru pertama kali menggunakan phpMyAdmin, XAMPP adalah software yang tepat untuk mempelajari fitur-fitur dari phpMyAdmin dan mempelajari dasar-dasar menggunakan phpMyAdmin.

    2. Install WordPress Offline

    XAMPP berguna untuk menjalankan Apache, MariaDB, dan PHP pada localhost atau komputer tanpa harus ada koneksi internet. Dengan adanya XAMPP akan mempermudah pekerjaan frontend dan backend developer. Karena mereka dapat melakukan testing pada program sebelum nantinya akan diupload ke server online website.

    Untuk Anda yang baru belajar dasar-dasar WordPress, software XAMPP sangat cocok untuk Anda. Karena Anda bisa mencoba beberapa fitur WordPress seperti menambahkan tema, menambahkan plugin, belajar membuat post, membuat menu dan lain-lain.

    3. Menjalankan Laravel Pada Komputer

    Laravel adalah salah satu framework php yang dipakai untuk mempermudah developer dalam mengembangkan website. Dengan menjalankan Laravel pada localhost komputer Anda menggunakan XAMPP, Anda jadi lebih mudah untuk memodifikasi script dan membuat fitur baru website tanpa harus takut merusak kode inti website yang ada di server.

    4.  Menginstall Codeigniter

    Codeigniter merupakan sebuah framework php yang sangat sederhana, ringan, dan mudah untuk dipelajari, codeigniter sendiri telah mengadopsi pola MVC yaitu Model-View-Controller dimana kita dapat memisahkan logika dan tampilan sebuah website yang ingin dibangun dengan framework berbasis MVC ini.

    Namun yang perlu diperhatikan dalam tahap dasar ini sebelum kita memulai seharusnya kita telah mengerti konsep OOP (Object Oriented Programming) agar lebih mudah memahami cara kerja sebuah framework.

    Fitur-Fitur di XAMPP

    Saat kami menulis artikel ini XAMPP memiliki versi terbaru 8.0.5. Berikut ini adalah komponen yang ada di dalam XAMPP.

    Component Deskripsi Version
    Apache Sebagai aplikasi web server default 2.4.47
    MariaDB Sebagai sistem manajemen database 10.4.18
    PHP Sebagai server side scripting untuk membuat aplikasi berbasis web 7.2.27, 7.3.14, 7.4.2, 8.0.5
    phpMyAdmin Sebagai tools untuk menggunakan MySQL berbasis web 5.1.0
    OpenSSL Sebagai protokol keamanan 1.1.1
    XAMPP Control Panel Untuk mengatur komponen berbeda pada XAMPP 3.2.4
    Webalizer Sebagai tools analytics untuk user log dan penggunaan 2.23-04
    Mercury Mail Transport System Sebagai email server 4.63
    FileZilla FTP Server Untuk melakukan transfer file 0.9.41
    Tomcat Digunakan untuk melayani aplikasi Java 8.5.65
    Strawberry Distribusi perl yang populer untuk Windows 5.32.0.1

    Cara Install XAMPP

    Untuk melakukan instalasi XAMPP, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

    1. Download XAMPP melalui website resminya.
    2. Lakukan instalasi XAMPP sesuai panduan (wizard) yang ditampilkan dan pilih Yes untuk melanjutkan instalasi.
    3. Pilih komponen yang Anda butuhkan dalam instalasi tersebut. Sebagai contoh, centang MySQL dan phpMyAdmin.
    4. Tentukan direktori instalasi yang tepat, misalnya C:\xampp.
    5. Lakukan instalasi Bitnami untuk memudahkan dalam memasang WordPress, Drupal atau Joomla secara otomatis.

    Untuk cara lengkap panduan install XAMPP , Anda bisa ikuti dibawah ini:

    Cara Instal XAMPP di Windows

    Cara instal XAMPP dapat dilakukan melalui beberapa langkah mudah. Sebagai informasi, XAMPP sendiri berguna untuk menjalankan script PHP pada localhost atau komputer tanpa harus ada koneksi internet. Tujuannya untuk menjalankan atau melakukan pengetesan sebuah website supaya lebih cepat ketika diakses jika dibandingkan dengan cara online.

    Localhost sendiri lebih aman dan menyediakan lingkungan pengetesan di komputer Anda tanpa adanya resiko script Anda dirusak oleh orang lain.

    Berikut ini adalah langkah cara instal XAMPP …

    1. Langkah 1: Unduh XAMPP

    Download XAMPP melalui website Apache Friends berikut ini.

    cara instal XAMPP

     

    2. Langkah 2: Instal XAMPP

    1. Lakukan instalasi setelah Anda selesai mengunduh. Selama proses instalasi mungkin Anda akan melihat pesan yang menanyakan apakah Anda yakin akan menginstalnya. Silakan tekan Yes untuk melanjutkan instalasi.

    2. Klik tombol Next.

    Cara Instal XAMPP di Windows

     

    3. Pada tampilan selanjutnya akan muncul pilihan mengenai komponen mana dari XAMPP yang ingin dan tidak ingin Anda instal. Beberapa pilihan seperti Apache dan PHP adalah bagian penting untuk menjalankan website dan akan otomatis diinstal. Silakan centang MySQL dan phpMyAdmin, untuk pilihan lainnya biarkan saja.

    Cara Instal XAMPP di Windows

     

    4. Berikutnya silakan pilih folder tujuan dimana XAMPP ingin Anda instal, pada tutorial ini pada direktori C:\xampp.

    Cara Instal XAMPP di Windows

     

    5. Pada halaman selanjutnya, akan ada pilihan apakah Anda ingin menginstal Bitnami untuk XAMPP, dimana nantinya dapat Anda gunakan untuk install WordPress, Drupal, dan Joomla seccara otomatis.

    Cara Instal XAMPP di Windows

     

    6. Pada langkah ini proses instalasi XAMPP akan dimulai. Silakan klik tombol Next.

    Cara Instal XAMPP di Windows

     

    7. Setelah berhasil diinstal, akan muncul notifikasi untuk langsung menjalankan control panel. Silakan klik Finish.

    Cara Instal XAMPP di Windows

     

    3. Langkah 3: Jalankan XAMPP

    Silakan buka aplikasi XAMPP kemudian klik tombol Start pada Apache dan MySQL. Jika berhasil dijalankan, Apache dan MySQL akan berwarna hijau seperti gambar di bawah ini.

    Cara Instal XAMPP di Windows

     

    Untuk melakukan pengecekan, silakan akses link berikut melalui browser Anda http://localhost.

    Saat ini Anda sudah belajar bagaimana cara instal XAMPP. Selanjutnya Anda dapat menjalankan aplikasi berbasis web pada localhost, seperti menginstal WordPress.

     


    Komponen Penting Pada XAMPP

    Setelah Anda berhasil menginstall XAMPP, Anda bisa menggunakan XAMPP untuk berbagai keperluan develop website. Tapi sebelum itu Anda harus tau beberapa menu penting yang akan sering Anda gunakan ketika menjalankan XAMPP.

    1. Config

    Pada menu Config, Anda bisa melakukan beberapa konfigurasi dasar untuk penggunaan XAMPP seperti mengganti:

    • Editor: yang akan digunakan untuk mengubah default text editor.
    • Browser: browser default yang akan digunakan untuk akses web server.
    tulw97b3qOetREXuT8QPV1AYCr1BS0h8K 5bOYm7ZNMCZQ Ctbzb8OV646OaAZLFkf nFsmdvz Agez4TuVE0mmeILPNg8E34 KA5NyYT32SKLTq ieL3lIyjkNHW8R6 2mTY9Az - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!

    2. Netstat

    Netstat sering digunakan untuk memastikan apakah ada program/aplikasi lain yang menggunakan port default XAMPP.

    ZA745dPehHsBjEgRNMeu XhqhkzKjdGiVDfzena4blM7K179YFsSmPn9p22u1aMkrYrGCho3gE9pHp2k3XlIRAI0V211w0lVXKCmDnq5F - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!

    3. Shell

    Menu shell pada XAMPP, digunakan untuk menampilkan command prompt pada Windows. Fungsinya untuk melakukan konfigurasi web server atau memperbaiki error pada web server.

    PrQSI2V08fK00SBhrHCAEFYjqVAOqgKDeRrvWd1D7 EOaIroCO1W7AI2 lwlEw7Nzt - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!

    4. Explorer

    Explorer merupakan tombol shortcut untuk menuju ke lokasi instalasi XAMPP. Ketika Anda klik icon Explorer maka akan diarahkan ke lokasi file instalasi XAMPP.

    YzGDwnXZ 3NgUDDTeHrxy4JIls7hfCyNi - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!

    Cara Menggunakan XAMPP

    Setelah Anda tahu tentang komponen komponen apa saja yang ada di dalam XAMPP, selanjutnya Anda akan belajar cara menggunakan XAMPP di Windows. Berikut langkahnya.

    1. Cara Menjalankan XAMPP

    Untuk menjalankan XAMPP, pertama buka aplikasi XAMPP yang telah Anda install. Lalu klik Start pada module Apache dan MySQL.

    IjXZl5Zjdrm87INOSDbxb0yuy5cruPXZ pqUrIo3DI0pXKLfWzwhMjspspXGn97uk7l6fALY3BEXpJMFCDolLmMtCqDIEOIC3GCJsY FvlwY9ZNm33QcTSmOl21fU iwuKFknSs - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!

    Setelah keduanya berjalan tanpa error, silahkan akses localhost menggunakan link berikut:

    http://localhost

    Atau

    127.0.0.1

    Maka Anda akan diarahkan ke halaman dashboard XAMPP, seperti pada gambar di bawah ini.

    en5WHGSRWKws5ZWs6vC2Gis5h4FTqyY0KTFC3o1Nd7 gqRguCgaCHOwtsu sFm73TwAD1PE 5KJFMaj7OTakyAC01Sq4Oj3u6aLavdiAWkdDEp4pTDGX8NAaQVcXyVpcSlTVei8s - CaraLengkap.Com - Semua Ada Caranya!

    Langkah-langkah diatas adalah dasar menggunakan XAMPP, pada langkah berikutnya kami akan memberikan cara menggunakan XAMPP untuk install WordPress dan Laravel.

    2. Cara Install WordPress Menggunakan XAMPP

    Dalam proses instalasi WordPress menggunakan XAMPP, hal pertama yang harus dilakukan adalah klik start pada module Apache dan MySQL. Karena WordPress membutuhkan web server dan database agar bisa diakses.

    dilanjutkan dengan buat database MySQL, mengunduh WordPress, dan melakukan instalasi WordPress. Berikut ini adalah tutorial cara Install WordPress di Localhost XAMPP.

    3. Cara Install Laravel Menggunakan XAMPP

    Untuk instalasi Laravel Menggunakan XAMPP di Windows, Anda dapat melihat perintah-perintah instalasi Laravel pada panduan kami yang berjudul cara install Laravel di Windows.

    Sudah Siap Menggunakan XAMPP?

    XAMPP adalah software server lokal yang sangat mudah digunakan oleh pemula. Dengan menggunakan XAMPP pada komputer Anda, Anda dapat menjalankan Apache, PHP dan MySQL, tanpa harus menginstalnya satu persatu. Sehingga membuatnya jauh lebih praktis.

    Pada artikel diatas kami sudah menjelaskan pengertian XAMPP, fungsi XAMPP, fitur XAMPP, cara install XAMPP, dan panduan menggunakannya. Jika memiliki kendala saat instalasi XAMPP dan menggunakan XAMPP, beritahu kami di kolom komentar.

     

    𝔫𝔦𝔞𝔤𝔞𝔥𝔬𝔰𝔱𝔢𝔯.𝔠𝔬.𝔦𝔡

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *