Cara Menulis Artikel Blog yang Sukses - Step by Step

blogger

CaraLengkap.com - Bagi kalian baru mulai membuat blog, haru tau dulu bahwa blog terdiri dari dua jenis yang luas - blog pribadi dan perusahaan. Perbedaan di antara mereka jelas. Blog individu adalah cara yang bagus untuk membuat pemiliknya dikenal publik. 

Jika Anda membuatnya dengan benar dan mempertahankannya secara bertanggung jawab, Anda memiliki perspektif untuk mendapatkan sejumlah besar pelanggan, memperluas jaringan kontak Anda, dan berhasil mempromosikan bisnis pilihan Anda. 

Tantangan terbesar bukan hanya memulai blog, tetapi mengoperasikannya dan mengisinya dengan konten yang relevan sepanjang waktu.

Blog pribadi adalah platform di mana penulis mengekspresikan pemikiran mereka, berkomunikasi dengan pembaca, dan mempromosikan layanan atau barang tertentu. Saat ini, blog pribadi telah mendapatkan popularitas yang cukup besar. 

Kadang-kadang tampaknya setiap orang kedua mengoperasikan blog yang ditujukan untuk makanan, bepergian, atau berbagai olahraga. Banyak orang bahkan mengubah gairah blogging mereka menjadi bisnis yang menguntungkan. 

Jadi, jika Anda ingin membuat blog Anda dan membuat proyek ini berhasil, Anda harus mempertimbangkan beberapa poin penting.

Tentukan Subjek Utama untuk Blog Anda

Kebanyakan orang mencurahkan blog mereka untuk aktivitas atau bisnis spesifik mereka. Anda dapat memulai blogging berdasarkan profesi Anda, hobi, atau aspek apa pun dalam hidup Anda yang menarik bagi Anda. Anda akan mematuhi tema ini secara ketat dan selalu bekerja di atasnya. Selain itu, Anda dapat memilih pendekatan yang hampir target dan spektrum topik untuk posting Anda bisa jauh lebih luas.

Dengan kata lain, Anda dapat menulis blog tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan satu cara lain dengan subjek utama Anda. Ini mungkin format paling populer yang dipilih oleh sebagian besar blogger individu. Anda dapat menulis tentang apa pun dan segalanya tanpa berfokus pada titik tertentu.

Pendekatan ini akan memungkinkan Anda untuk menyoroti peristiwa yang sedang tren dan mengekspresikan pendapat Anda tentang mereka. Di sini, Anda tidak boleh lupa bahwa Anda menulis bukan untuk diri sendiri atau mesin pencari, tetapi untuk orang-orang yang akan membaca konten Anda.

Pikirkan tentang minat audiens target Anda. Untuk melakukan itu, bayangkan gambar terperinci dari pembaca khas Anda. Masalah apa yang dia hadapi? Apa saja tujuan dan aspirasi dari orang-orang tersebut? Jika Anda salah mendefinisikan audiens target Anda, bahkan blog yang luar biasa dan informatif tidak akan diminati di kalangan pembaca.

Menguraikan Rencana, Tujuan, dan Tugas Utama Anda

Sebelum Anda memulai posting blog, Anda perlu membuat paket yang jelas dan ringkas. Disarankan Anda membuat rencana untuk beberapa waktu ke depan, misalnya, selama enam bulan. Juga, siapkan daftar topik dan menyusun kerangka untuk beberapa di antaranya. 

Cobalah untuk membangun reputasi, tunjukkan kompetensi Anda, dan berikan tips yang berguna kepada pembaca Anda. Tindakan orang biasanya didasarkan pada pendapat para ahli yang dapat dipercaya.

Memahami tujuan utama Anda sangat penting karena salah satu posting Anda akan secara langsung atau tidak langsung bertujuan untuk mencapainya. Tugas spesifik Anda bisa benar-benar berbeda saat Anda menulis dan memposting berbagai artikel. Namun, strategi lebih lanjut untuk mempromosikan blog Anda akan tergantung pada tujuan utama.

Tugas Anda adalah langkah-langkah khusus dalam perjalanan untuk mencapai tujuan utama. Beri perhatian khusus pada berbagai konten. Bahkan jika Anda ingin menjual sesuatu, Anda tidak bisa hanya memanggil pengunjung Anda untuk membelinya. 

Pembaca hanya akan menjauh dari blog Anda jika Anda melakukan itu. Disarankan agar Anda membangun strategi dengan cara yang membuat pengunjung blog Anda ingin membeli sesuatu berkat konten informatif dan ulasan pelanggan positif tentang blog Anda.

Terus Tingkatkan Blog Anda

Selama proses blogging, Anda perlu memantau bagaimana orang bereaksi terhadap konten Anda, dan apakah mereka tertarik untuk membacanya. Jika mereka membaca satu atau dua posting dan pergi, maka Anda perlu datang dengan beberapa metode untuk menghasut keinginan mereka untuk mengunjungi blog Anda dan membaca lebih banyak posting. 

Bagikan pengalaman pribadi Anda dan terus tingkatkan keterampilan Anda. Publikasikan studi kasus terperinci dan pantau ulasan pelanggan. Perlu diingat bahwa posting blog dengan gambar meningkatkan jumlah tampilan secara signifikan.

Tentu saja, konten Anda harus dijual. Jika tidak, mengapa Anda membuatnya? Beberapa blogger pemula berpikir bahwa konten hanya boleh berguna sehingga tidak ada yang mencurigai Anda berada dalam bisnis penjualan produk terkait. 

Tetapi pada kenyataannya, sebuah blog mempengaruhi penjualan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi, jangan ragu untuk menjual sesuatu dan secara teratur mengirim buletin dengan penawaran.

Apa lagi yang harus Anda perhitungkan?

Anda juga perlu menentukan di mana paling nyaman bagi Anda untuk membuat blog Anda. Anda dapat menggunakan platform gratis atau meluncurkan situs web dengan domain dan hosting Anda sendiri. Pilihan lain adalah blogging di salah satu jejaring sosial populer. Apa pun yang Anda pilih, ada baiknya mempertimbangkan poin-poin berikut untuk mencapai kesuksesan dengan blog Anda:

1. Cobalah untuk memberikan pembaca Anda hanya dengan informasi yang berguna. 

Saat ini, orang tidak punya waktu untuk membaca sesuatu yang tidak menguntungkan mereka dan tidak membantu meningkatkan kehidupan mereka entah bagaimana. Namun, itu belum tentu hanya posting tentang produk trendi atau peristiwa signifikan. Juga, encerkan posting Anda dengan artikel situasional dan berita terkini jika memungkinkan.

2. Jujur dan kompeten. 

Tulis tentang apa yang Anda ketahui dengan pasti. Jika Anda tidak cukup cerdas dalam beberapa hal, pelajari dengan benar. 

Terus setia pada blog Anda dan pembaca Anda dengan hanya memposting konten yang dapat diandalkan. Akibatnya, blog Anda akan diakui sebagai sumber informasi yang berwibawa dan dapat dipercaya.

3. Posisikan diri dan blog Anda dengan benar. 

Ini sepenuhnya tergantung pada peran mana yang Anda ambil untuk audiens target Anda - seorang ahli, pemimpin opini, atau bahkan sedikit orang yang berwawasan luas dan inspiratif. Kembangkan gaya penulisan Anda yang tidak boleh kering dan kusam. Juga, hindari ekspresi gaul dan vulgar.

4. Tulis dan posting artikel secara teratur. 

Jika Anda berhenti menerbitkan, Anda akan kehilangan kepercayaan diri pembaca dan peringkat di mesin pencari. Jangan mengabaikan komentar dan menanggapinya dengan sopan. Umpan balik dari pengunjung Anda dapat membantu Anda menemukan ide-ide baru untuk posting Anda.

5. Terakhir, Anda seharusnya tidak mengharapkan pengembalian segera di blog Anda.

Dengan waktu dan upaya, Anda akan mendapatkan hasil permanen dalam bentuk peningkatan lalu lintas, pengakuan publik, dan peningkatan loyalitas audiens. Juga, efektivitas blogging seharusnya tidak hanya tergantung pada inspirasi Anda atau keadaan lainnya. Ketekunan, seperti yang Anda tahu, adalah ibu dari kesuksesan.

Artikel Bermanfaat Lainnya