Kelebihan WordPress yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan WordPress yang Perlu Anda Ketahui

Kenapa banyak orang menggunakan WordPress? Apa kelebihan WordPress hingga diminati banyak orang? WordPress merupakan salah satu platform website yang tidak berbayar namun berkualitas.

Selain itu, WordPress sendiri menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya baik pemula maupun profesional.

Sehingga tidak heran jika lebih dari 40% website di dunia menggunakan WordPress. Bahkan merek-merek terkenal dunia dan pemerintahan menggunakannya, sebut saja Sony Music, The New York Time Company, White House dan masih banyak lainnya.

Hosting Tribunal juga mengatakan, penggunaan WordPress juga terus meningkat setiap tahunnya (4% hingga 5%).

Lalu apa yang membuat WordPress menjadi pilihan banyak orang untuk membuat website? Berikut 10 kelebihan WordPress yang perlu kamu ketahui.

Daftar Isi

    Kelebihan WordPress yang Perlu Anda Ketahui

    1. Tersedia Berbagai Variasi Tema

    Kelebihan WordPress yang pertama yaitu banyaknya tema atau template website yang bisa digunakan oleh para pengguna. Ada 8.055 tema yang tersedia di repository-nya hingga saat ini (sumber: WordPress).

    Tinggal pilih salah satu tema yang sesuai dengan niche website kamu. Dan hampir seluruh tema WordPress mudah dikustomisasi tanpa coding, artinya kamu bisa mengubah font, warna tulisan, layout, dan berbagai fitur tema secara fleksibel.

    2. Tersedia Banyak Plugin

    Plugin adalah script tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu di WordPress. Ada banyak jenis plugin yang dapat ditambahkan ke WordPress untuk menambah fungsional dari website kamu.

    Misalnya website kamu ingin memiliki fitur seperti keranjang toko online, form, atau fitur untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang di website kamu, maka kamu dapat menginstall plugin tertentu sesuai kebutuhan fitur tersebut, tanpa membuat script sendiri dari awal.

    3. Proses Instalasi dan Pembaharuan yang Mudah Dilakukan

    WordPress cukup terkenal dengan proses instalasinya karena dapat diselesaikan dengan sangat cepat (dibawah lima menit). Banyak juga layanan hosting yang memberikan fitur instalasi WordPress dengan satu klik saja.

    Pembaharuan WordPress pun juga tidak sulit, ketika ada versi terbaru dari CMS ini, kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email atau melalui website resmi WordPress sendiri.

    4. Fleksibel

    WordPress dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website, baik itu blog, profile company, hingga toko online. CMS ini juga memungkinkan kamu untuk membuat tampilan website yang responsive, dimana kamu bisa menyesuaikan tampilan website di berbagai device (desktoptable, atau mobile).

    Dan untuk mengatur tampilan konten, WordPress menyediakan pengaturan kustomisasi tema agar tampilan website lebih terlihat bagus dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

    Selain itu, ada juga beberapa plugin yang disediakan WordPress untuk mempermudah menambahkan beberapa fitur yang dibutuhkan oleh website kamu.

    5. Mudah Dipelajari

    Untuk menggunakan WordPress, kamu tidak perlu ahli dalam berbagai bahasa pemrograman. Karena WordPress menyediakan fitur-fitur yang mudah digunakan dan dipelajari oleh orang awam.

    WordPress juga menyediakan forum dan komunitas besar pada website resminya. Disana kamu belajar dan berdiskusi berbagai hal mengenai WordPress atau menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.

    Selain forum dan komunitas, sudah banyak artikel tutorial WordPress, video tutorial, dan media pembelajaran lain yang tersebar di internet.

    6. Mudah Diintegrasikan untuk SEO

    Untuk membuat website kamu mudah ditemukan di mesin pencarian, kamu perlu melakukan optimalisasi SEO (Search Engine Optimization). WordPress menyediakan berbagai plugin SEO gratis yang mempermudah kamu melakukan optimalisasi, misalnya menggunakan plugin Yoast SEO .

    Kamu juga bisa melakukan optimalisasi SEO tanpa plugin, kamu bisa mengubah permalink pada halaman dan blog post, serta menambahkan alt text pada gambar di website dengan mudah.

    7. Mudah Diintegrasikan dengan Layanan lain

    Website berbasis WordPress juga bisa diintegrasikan dengan layanan lain dalam meningkatkan performa website. Misalnya Google Analytics yang mempermudah kamu memeriksa performa website.

    Atau MailChimp untuk membantu kamu membuat email newsletter dan mengirim email secara otomatis kepada banyak orang.

    8. Gratis

    Nah hal menarik lainnya yaitu WordPress dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Untuk memodifikasi website dari segi tampilan dan fungsi, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya.

    Hanya saja, bagi kamu yang menggunakan WordPress.org, kamu perlu menyewa layanan hosting dan nama domain agar dapat mengoperasikannya. Tetapi jika kamu menggunakan WordPress.com, WordPress telah menyediakan layanan hosting secara gratis untuk para penggunanya.

    Baca juga: Perbedaan WordPress.com Dengan WordPress.org

    9. Menjaga Keamanan Data Website

    Selain gratis, WordPress juga menjamin keamanan data sebuah website. Keamanan data website menjadi salah satu hal terpenting ketika kamu memiliki website, terlebih pada data transaksi atau informasi pribadi yang tidak boleh diketahui banyak orang.

    WordPress juga menyediakan beberapa plugin untuk meningkatkan keamanan data website, seperti Sucuri Security atau WordFence.

    Bukan hanya itu, WordPress selalu melakukan update penggunaannya mengenai isu-isu keamanan yang up to date.

    10. WordPress Selalu Berkembang

    Dan alasan terakhir kenapa kamu harus menggunakan WordPress yaitu karena CMS ini akan terus berkembang. Sebagai CMS paling populer, jika ada terjadi kesalahan pasti akan langsung dilaporkan kepada pihak WordPress. Biasanya WordPress akan mengeluarkan versi terbarunya untuk menghindari kesalahan tersebut.

    Infographic

    The Latest WordPress Statistics For 2021
    Infographic

    Penutup

    Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membuat website dengan WordPress. Selain instalasi dan update yang mudah, CMS ini menawarkan potensi tak terbatas dengan plugin dan tema gratis yang dimilikinya.

    Apalagi platform ini dapat diamankan tanpa harus memahami coding. Terlebih lagi, ada banyak tutorial dan forum tentangnya, termasuk pada course gratis kami WordPress Basics.

    Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda Atau, jika Anda memiliki pertanyaan, janganlah sungkan untuk meninggalkannya di kolom komentar.

    Artikel Bermanfaat Lainnya

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.