WordPress.com vs WordPress.org

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

.Com - Apakah Anda tahu bahwa WordPress.com dan WordPress.org adalah dua platform yang berbeda? Masih ada banyak orang yang menganggap bahwa kedua platform ini sebenarnya sama. Padahal tidak, loh!

Di artikel kali ini, kami akan membahas apa perbedaan WordPress.com dan WordPress.org dan mana yang cocok untuk keperluan Anda. Sebelum kita bahas perbedaannya, mari kita kenali dulu apa itu WordPress.com dan WordPress.org.

Daftar Isi

    Apa itu WordPress.com?

    WordPress.com adalah sebuah jasa hosting yang dibuat oleh Matt Mullenweg. Karena dia juga yang membuat WordPress.org, banyak orang salah menganggap bahwa mereka adalah platform yang sama.

    Di WordPress.com, Anda bisa memilih di antara 5 plan:

    Free – gratis tapi terbatas

    Personal – $36 per tahun

    Premium – $99 per tahun

    Business – $299 per tahun

    VIP – mulai dari $5000 per bulan

    Kelebihan WordPress.com

    Banyak orang yang baru memulai hobi bloggingnya memilih untuk menggunakan paket gratis WordPress.com. Dengan paket gratisnya, Anda mendapatkan space sebanyak 3GB. Kalau nantinya Anda membutuhkan banyak space, Anda bisa tinggal mengupgrade plan Anda sesuai kebutuhan. Anda juga tidak perlu khawatir soal update dan backup karena WordPress.com akan melakukan semuanya untuk Anda.

    Kekurangan WordPress.com

    Tetapi, WordPress.com juga memiliki berbagai batasan. Anda tidak bisa menginstall plugins atau themes Anda sendiri kecuali Anda memilih plan business. Padahal plugins dan themes adalah beberapa hal penting yang kemungkinan besar Anda perlukan dalam mengelola website. Plugin dan themes mempermudah pilihan kustomisasi Anda.

    Selain itu, kalau Anda menggunakan plan gratis WordPress.com, pengunjung website Anda akan melihat ads dan Anda tidak akan mendapat uang apapun dari situ. Anda juga tidak bisa memasang ads menggunakan Google Ads atau software lain.

    WordPress memiliki program advertising mereka sendiri yang disebut dengan nama WordAds. Program ini hanya bisa Anda gunakan kalau Anda menggunakan paket berbayar dari WordPress. Tidak hanya itu, Anda juga harus berbagi hasil dengan WordPress.

    Pastikan juga bahwa website Anda tidak menyalahi aturan WordPress. Karena kalau mereka menganggap Anda melanggar aturan yang ada, mereka bisa menghapus website Anda kapan saja.

    Bagi Anda yang ingin membuat website professional, Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan WordPress.com yang gratis. Ini karena URL Anda akan diikuti dengan akhiran wordpress.com. Selain itu, jika Anda berencana membuka e-commerce atau website yang membutuhkan membership, Anda tidak bisa membangun website jenis ini dengan menggunakan WordPress.com versi gratis.

    Apa itu WordPress.org?

    WordPress.org adalah sebuah platform website populer yang pasti sudah Anda kenal. Content Management System (CMS) yang satu ini bersifat open source dan 100% gratis untuk digunakan. Untuk memiliki website dengan WordPress.org, Anda harus beli domain dan juga cloud hosting cepat. Oleh karena inilah WordPress.org sering disebut juga self-hosted WordPress.

    Kelebihan WordPress.org

    Kalau Anda menggunakan WordPress.org, Anda memiliki kontrol penuh atas website Anda. Anda bebas mengelola dan mengatur tampilan website; mulai dari themes sampai plugins. Selain itu, data yang ada pada website Anda juga benar-benar menjadi milik Anda. WordPress tidak bisa menghapus website Anda begitu saja.

    Bagi Anda yang ingin menghasilkan uang dari blog, Anda bisa memasang iklan sesuka Anda di website Anda tanpa harus membagi hasil dengan WordPress. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tools seperti Google Analytics untuk membantu melihat perkembangan website Anda.

    Kalau Anda ingin membuat website e-commerce, Anda bisa memanfaatkan WordPress untuk membuat toko online untuk menjual produk. Selain itu, Anda juga bebas memasang payment gateway yang Anda ingin gunakan. Anda tentunya juga pasti bisa membuat website yang bersifat membership dan membangun komunitas online melalui website Anda.

    Kekurangan WordPress.org

    Karena Anda harus memiliki kontrol penuh atas website ini, Anda juga memiliki tanggung jawab untuk mengurus backups website. Tenang saja karena untuk melakukan ini, ada banyak plugin WordPress yang tersedia.

    Seperti semua website, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk hosting. Ada banyak pilihan hosting Indonesia yang bisa Anda temukan di luar sana. Tetapi, biaya hosting juga akan meningkat sejalan dengan semakin berkembangnya website Anda.

    Sebenarnya, untuk biaya membangun sebuah website dengan WordPress.org, semuanya tergantung dengan jenis website apa yang ingin Anda buat. Selain itu, ada juga beberapa faktor lain seperti misalnya apakah Anda menggunakan template gratis atau premium, plugin gratis atau premium, dan sebagainya.

    : Mana Yang Lebih Baik?

    Setelah mengetahui perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, banyak orang yang suka bertanya, mana yang lebih baik, WordPress.com atau WordPress.org? Jawabannya adalah tergantung dengan kebutuhan Anda.

    Kalau Anda ingin membuat website dan bukan untuk keperluan khusus, tidak ada salahnya untuk menggunakan WordPress.com.

    Tetapi, jika Anda pebisnis atau blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog, kami sarankan Anda menggunakan WordPress.org. Dengan WordPress.org, Anda memiliki lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam mengembangkan website Anda. Apalagi jika Anda adalah seorang blogger professional atau pemilik bisnis. Bahkan brand besar seperti Disney saja percaya dengan WordPress.org. Jadi sudah pasti bagus bukan?

    WordPress.com vs WordPress.org: Mana Yang Lebih Baik?

     

    10 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

    1. Harga

    Perbedaan pertama dan yang paling penting adalah harga. Sebenarnya, baik WordPress.com dan WordPress.org sama-sama gratis.

    Pada dasarnya WordPress adalah sebuah software open source. Yang dimaksud dengan software open source adalah siapapun bisa menggunakannya, memodifikasinya, dan mendistribusikannya secara bebas.

    WordPress memiliki developer sendiri, tetapi siapapun bisa berkontribusi dalam memperbaiki kualitas WordPress dengan melaporkan bug, menyarankan fitur, atau menambal kerusakan di versi sebelumnya.

    Lalu perbedaan harga antara WordPress.com dan WordPress.org terletak di mana? Mengapa WordPress.com gratis sepenuhnya dan WordPress.org memerlukan biaya tambahan?

    Ketika Anda menggunakan WordPress.org, biaya yang Anda keluarkan bukan untuk membeli software dari WordPress.org, melainkan biaya untuk hosting dan domain.

    Di sisi lain, ketika Anda menggunakan WordPress.com, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun karena fasilitas hosting dan domain sudah disediakan oleh WordPress. Akan tetapi, WordPress juga menetapkan berbagai batasan untuk layanan gratisnya. Batasan-batasan tersebut akan dijelaskan di poin-poin berikutnya.

    2. Domain

    Di poin sebelumnya sudah disebutkan bahwa WordPress menetapkan berbagai batasan untuk layanan gratisnya. Batasan pertama adalah penentuan ekstensi domain. Jika menggunakan layanan gratis WordPress.com, ekstensi domain Anda otomatis menjadi www.bloganda.wordpress.com.

    Apabila Anda ingin mempunyai website atau blog dengan ekstensi domain yang variatif, WordPress.org adalah solusinya. Dengan menggunakan WordPress.org, Anda bisa memilih domain apapun yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan ekstensi domain populer seperti .com, .co.id, atau .net. Anda juga bisa menggunakan domain-domain unik seperti .online, .website, .store, .site, atau .tech.

    Tentu Anda harus membeli ekstensi domain tersebut dari penyedia domain. Walaupun harus merogoh kocek lebih dalam, website atau blog Anda lebih terlihat profesional dengan domain sendiri dibandingkan domain gratisan.

    3. Hosting

    Menggunakan versi gratis WordPress.com artinya website atau blog Anda juga sudah otomatis menggunakan fasilitas hosting dari WordPress.com.

    Walaupun gratis, hosting dari WordPress.com memiliki kekurangan, yaitu kapasitas disk spacenya yang kecil. WordPress hanya menyediakan disk space sebesar 3 GB untuk WordPress.com. Dengan kapasitas sebesar itu akan membatasi Anda untuk mengunggah konten di blog atau website.

    Berbeda jika menggunakan WordPress.org, Anda bisa dengan bebas menentukan berapa besar kapasitas disk space di blog atau website Anda. Bisa 3 GB, 5 GB, 10 GB, atau bahkan unlimited disk space.

    4. Tema

    Semakin banyak pilihan tema, semakin besar pula kesempatan Anda untuk berkreasi membuat blog atau website yang menarik. WordPress.com hanya mengizinkan Anda untuk menggunakan tema dari WordPress.com. Anda tidak bisa menggunakan tema dari pihak lain, baik berbayar maupun gratis.

    Jika Anda merasa tidak ada tema yang cocok dari WordPress.com, sebaiknya segera beralih ke WordPress.org. Di WordPress.org, Anda bisa mengaplikasikan tema dari mana saja, baik berbayar maupun gratis. Dengan begitu Anda bisa membuat website atau blog yang menarik sesuai dengan selera Anda.

    5. Plugin

    Selain tema yang terbatas, WordPress.com juga tidak mengizinkan Anda untuk menginstall plugin sama sekali. Anda tidak bisa memasang plugin apapun, baik gratis maupun berbayar, di WordPress.com.

    Tentu hal ini akan menurunkan performa website atau blog Anda. Meskipun WordPress.com sudah menyematkan berbagai fitur, tetapi tetap tidak cukup jika Anda menginginkan website atau blog dengan performa terbaik.

    Plugin berfungsi untuk menambahkan berbagai fitur bermanfaat di website atau blog, dari plugin SEO, plugin keamanan, plugin caching, hingga plugin media sosial. Jika Anda ingin membuat website dengan fitur lengkap menggunakan bantuan plugin, Anda harus menggunakan WordPress.org.

    6. Powered By

    Walaupun terlihat sepele, banyak orang yang mencari cara menghilangkan powered by WordPress. Mungkin bagi sebagian orang, link seperti itu mengganggu secara visual. Namun, sayangnya menghilangkan powered by WordPress hanya bisa dilakukan oleh pengguna WordPress.org.

    Apabila Anda menggunakan WordPress.com, mau tidak mau website atau blog Anda pasti mengandung link powered by WordPress. Ini adalah harga yang harus Anda bayar ketika menggunakan versi gratis, yaitu mempromosikannya secara tidak langsung di website atau blog Anda.

    7. SEO

    Search Engine Optimization atau sering disebut SEO adalah salah satu elemen pokok dalam website dan blog. Kualitas SEO sebuah website atau blog akan menentukan performanya di hasil pencarian. Semakin baik kualitas SEO, semakin besar pula kemungkinan website atau blog untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian.

    Seperti yang sudah disebutkan di poin kelima, pengguna WordPress.com tidak bisa memasang plugin apapun, padahal plugin memegang peranan penting di website. Salah satu plugin terpenting untuk website adalah plugin SEO.

    Tanpa plugin SEO seperti Yoast SEO, All in One Pack SEO, dan plugin SEO lainnya, pengguna WordPress.com hanya bisa mengandalkan konfigurasi dasar dari WordPress. Berbeda jika menggunakan WordPress.org. Anda bisa menambahkan plugin SEO untuk membantu Anda mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian.

    8. Analytics

    Sebagai pemilik website dan blog yang baik, Anda juga harus melakukan evaluasi terhadap kinerja website atau blog Anda. Berapa pengunjung yang Anda dapatkan dalam sebulan, dari mana datangnya pengunjung, berapa lama pengunjung berada di website, dan berbagai indikator evaluasi lainnya.

    Apakah Anda bisa mendapatkannya di WordPress.com? Tentu tidak, namanya juga versi gratis pasti banyak syarat dan ketentuannya. WordPress.com hanya menyediakan analytics dasar sehingga Anda tidak bisa menganalisis secara mendalam.

    Apabila Anda ingin bisa melakukan analisis mendalam untuk website, Anda bisa menggunakan Google Analytics. Anda dapat memasang Google Analytics jika menggunakan WordPress.org. Tidak hanya Google Analytics, Anda juga bisa memasang Google Search Console dan plugin analytics lainnya untuk mendukung website Anda.

    9. Toko Online

    Bagi Anda yang berniat menghasilkan uang dari internet, WordPress.com sama sekali bukan solusi yang tepat. Anda tidak bisa membuat toko online menggunakan WordPress.com. WordPress tidak mengizinkan pengguna WordPress.com versi gratis untuk membuat toko online.

    Hal ini merupakan ketentuan yang masuk akal, mengingat spesifikasi WordPress.com versi gratis sangat minim yang bisa membahayakan keamanan data pelanggan.

    Jika Anda ingin membuat website toko online, WordPress.org adalah solusinya. WordPress bahan menyediakan plugin khusus gratis untuk toko online, yaitu WooCommerce. Anda bisa membuat website toko online dengan kualitas tinggi dengan menggunakan WordPress dan WooCommerce.

    10. Iklan

    Poin terakhir ini benar-benar membuktikan kalau ingin menghasilkan uang dari internet, WordPress.com versi gratis bukan solusi tepat untuk Anda.

    WordPress.com tidak mengizinkan penggunanya untuk menampilkan iklan di website atau blognya, kecuali iklan dari WordAds. WordAds adalah platform iklan dari WordPress. Untuk bisa mendaftar WordAds pun Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Dengan menggunakan WordPress.com, Anda tidak bisa menghasilkan uang dari iklan AdSense, padahal AdSense adalah platform iklan paling populer di dunia maya.

    WordPress.org adalah solusinya. Anda memang harus mengeluarkan modal untuk membeli hosting dan domain.

    Anggap saja modal yang Anda keluarkan untuk hosting dan domain adalah investasi. Setelah itu Anda bisa menghasilkan uang dari website, baik dengan membuat toko online, mendaftar iklan AdSense, atau endorsement.

    Masih Bingung Pilih yang Mana?

    Baik WordPress.com maupun WordPress.org memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Di satu sisi WordPress.com memang gratis, tetapi tentu ada berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Di sisi lain, WordPress.org mengharuskan Anda untuk mengeluarkan dana untuk biaya hosting dan domain, tetapi banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari WordPress.org.

     

    Artikel Bermanfaat Lainnya

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *