Action

Apa itu: Action?


Di WordPress, tindakan/Actions adalah sedikit kode PHP yang dapat digunakan pengembang untuk memodifikasi cara kerja situs WordPress atau menambahkan fitur baru. WordPress memiliki banyak tindakan yang telah ditentukan sebelumnya yang memungkinkan pengembang untuk menambahkan kode mereka sendiri pada titik-titik tertentu di seluruh inti WordPress.

Tindakan/Actions adalah salah satu fitur besar yang membuat WordPress sangat dapat disesuaikan.

What is: Action

Di seluruh kode WordPress, ada "hooks/pengait" di mana pengembang dapat "menggantung" kode mereka sendiri. Ada dua jenis hooks/kait: hooks/kait aksi dan hooks/kait filter.

hooks/Kait tindakan adalah tempat pengembang dapat menempatkan actions/tindakan.

Hooks/Kait aksi dan filter adalah dasar dari cara kerja inti, tema, dan plugin WordPress.

Catatan: Jika Anda seorang pemula, maka kami sarankan untuk  berhati-hati agar tidak mengedit file WordPress apa pun. Hanya pengguna berpengalaman yang merasa bisa dengan mengedit file functions.php dan memiliki pengetahuan tentang PHP yang harus mencoba ini. Pemula harus menggunakan plugin untuk menyelesaikan tugas yang ingin mereka lakukan atau berkonsultasi dengan profesional untuk mengedit kode kode untuk Anda.

Sebelum mengedit kode apa pun di situs WordPress Anda, kami sarankan Anda membuat cadangan situs web Anda jika terjadi kesalahan pengkodean. Jika Anda tidak memiliki plugin cadangan, pastikan untuk membaca artikel kami di mana kami membandingkan plugin cadangan WordPress terbaik.

Apa itu Action Hooks di WordPress?

Kait tindakan memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menyesuaikan WordPress dengan cara apa pun yang dapat Anda bayangkan. Banyak tema dan plugin menggunakan kait tindakan untuk menambahkan fitur.

Misalnya, Anda dapat menggunakan kait tindakan untuk mengirim email ke penulis setelah posting diterbitkan, memuat skrip kustom di footer halaman, atau memberikan instruksi kepada pembaca tentang cara melengkapi formulir.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tindakan di WordPress, akan sangat membantu untuk melihat bagaimana suatu tindakan berhubungan dengan dua istilah lainnya, kait dan filter. Memahami ketiga istilah ini bersama-sama akan membuat istilah "tindakan" sedikit lebih mudah dipahami.

Kait hanyalah sebuah posisi dan tidak melakukan apa-apa sendiri. Mereka adalah tempat yang memungkinkan pengembang untuk "menghubungkan" kode kustom mereka ke WordPress di lokasi tertentu dan mengubah cara kerja WordPress tanpa mengedit file inti.

Filter adalah kode yang memungkinkan Anda untuk mengubah data yang ada sebelum mengirimkannya kembali ke WordPress untuk diproses sebelum menampilkan data yang diubah.

Filter memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti mengubah panjang kutipan, menempatkan posting terkait di bawah konten utama Anda, atau mengubah harga di WooCommerce.

Tindakan juga merupakan bagian dari kode yang dapat membuat fungsionalitas tambahan pada titik tertentu selama pemrosesan halaman. Misalnya, Anda mungkin ingin menambahkan widget lain atau menempatkan pesan promosi ke halaman Anda.

Tindakan dan filter dapat digunakan dalam plugin atau tema.

Cara Menambahkan Kait Tindakan di WordPress
Semua kait Tindakan ditambahkan menggunakan fungsi add_action(). WordPress memiliki beberapa fungsi yang memungkinkan Anda untuk menggunakan tindakan, tetapi ini adalah yang paling umum digunakan:

  • add_action(): ini melampirkan fungsi ke kait yang Anda tentukan di "do_action."
  • remove_action(): ini menghapus fungsi yang dilampirkan ke kait tindakan tertentu.
  • do_action(): di sinilah fungsi "hook" akan dijalankan.
  • has_action(): memeriksa untuk melihat apakah suatu tindakan telah didaftarkan.

Untuk memberi Anda contoh bagaimana mereka dapat digunakan, mari kita asumsikan bahwa Anda ingin menambahkan pemberitahuan hak cipta ke footer Anda.

Untuk melakukan ini, Anda dapat memodifikasi template footer Anda secara langsung. Tetapi seringkali jauh lebih mudah, dan praktik yang lebih baik, untuk mengaitkan kode Anda ke tindakan yang telah ditentukan sebelumnya yang sudah dieksekusi di footer.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menambahkan kode hak cipta Anda ke dalam suatu fungsi di file functions.php Anda. Anda kemudian dapat menambahkan fungsi ini ke tindakan yang ada di tempat Anda ingin kode hak cipta Anda dieksekusi.

function copyright_notice() {
   echo "Copyright All Rights Reserved";
}
add_action('wp_footer','copyright_notice');

 

Dalam contoh ini, copyright_notice adalah tindakan yang terhubung ke kait wp_footer. Fungsi copyright_notice akan dijalankan setiap kali kait wp_footer() muncul dalam kode tema WordPress.

Tindakan di WordPress menyediakan cara bagi Anda untuk menampilkan konten hampir di mana saja di tema Anda. Kemungkinan, sudah ada kait default yang akan melakukan apa yang Anda butuhkan. WordPress menawarkan daftar tindakan di API Plugin/Referensi Tindakan mereka.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang tindakan di WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat daftar Bacaan Tambahan kami di bawah ini untuk artikel terkait tentang tips, trik, dan ide WordPress yang bermanfaat.

Artikel Bermanfaat Lainnya